Syarat-Syarat Rumah Sehat dan Layak Huni

Syarat-Syarat Rumah Sehat dan Layak Huni – Supaya para penghuni rumah dapat hidup dengan santai dan nyaman maka sebuah rumah tinggal sebaiknya memenuhi kriteria atau persyaratan sebagai rumah sehat dan layak huni. Walaupun hanya sebuah rumah yang kecil dan sederhana, asalkan bisa memenuhi kriteria sebagai rumah sehat maka akan bisa membuat para penghuninya hidup dengan nyaman. Oleh sebab itu, rumah sehat itu tidak harus selalu mewah, megah, atau besar. Berikut ini adalah beberapa indikator atau syarat rumah sehat dan layak huni:



Sirkulasi Udara yang Baik
Rumah yang sehat harus memiliki sirkulasi udara yang baik dan lancar. Agar sirkulasi lancar maka rumah harus memiliki ventilasi udara yang cukup. Usahakan dalam pembangunan rumah memperhatikan pentingnya pemasangan pintu, jendela, bouven rooster, dan lainnya yang sesuai standar, dengan maksud untuk membuat sirkulasi udara yang baik. Saat akan membeli rumah hendaknya memilih lokasi rumah yang jauh dari pencemaran pabrik atau lainnya.

Tersedia Air Bersih
Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat penting. Oleh sebab itu, sebelum membangun atau membeli rumah, sebaiknya pilih lokasi yang terjamin ketersediaan air, kualitas air tanah dan air minum harus baik dan memenuhi persyaratan kesehatan, baik itu air dari PDAM atau sumur. Pastikan air yang akan digunakan aman dan higienis, baik dan layak minum/ layak di konsumsi, tersedia dalam jumlah yang cukup, bila harus membeli usahakan harganya relatif murah.

Sanitasi yang Baik
Rumah yang sehat harus mempunyai sanitasi yang baik. Rumah harus sudah memiliki jamban dengan septic tank yang jauh dari sumber air dan memenuhi standar, saluran pembuangan air limbah, dan tempat sampah yang kedap air dan tertutup.

Pencahayaan atau Penerangan yang Cukup
Ketika kita mau beraktivitas seperti membaca atau menonton televisi misalnya, maka kita memerlukan pencahayaan yang cukup untuk menjaga kesehatan mata. Ruangan yang kurang mendapatkan pencahayaan yang cukup maka akan dapat merusak mata. Sumber pencahayaan bisa berasal dari matahari ataupun lampu.

Dapur Bersih dengan Pembuangan Asap yang Lancar
Kebersihan dapur dan sirkulasi pembuangan asap yang baik juga berpengaruh terhadap rumah. Usahakan dapur selalu bersih dan pembuangan asap terencana dengan baik.

Kontruksi Bangunan yang Memenuhi Standar
Rumah yang sehat memiliki pondasi dan konstruksi yang cukup kuat dan aman untuk penghuni di dalamnya, bahan bangunan yang baik dan tahan lama, mudah untuk dipelihara, terdapat jaringan listrik dan bersifat tahan api. Tujuannya adalah untuk keamanan para penghuni rumah agar tidak terkena bahaya.

Tanaman Penghijauan
Rumah yang sehat dan asri memiliki tanaman penghijauan yang berfungsi untuk menyerap udara kotor dan membuat hawa menjadi lebih sejuk atau teduh. Rumah yang dihiasi dengan taman dan pepohonan akan membuat lebih kelihatan asri dan sedap dipandang mata.

Demikian uraian pendek mengenai Syarat-Syarat Rumah Sehat dan Layak Untuk Dihuni. Semoga Bermanfaat. Lihat juga artikel Cara Mudah Memperindah Pekarangan Rumah.